Segala sesuatu pasti berubah, tidak ada yang tetap. Justru yang tetap itu adalah perubahan itu sendiri. Demikian dengan kebaikan dan kebenaran, segala sesuatu yang dianggap baik ataupun benar akan terus berubah dari waktu ke waktu, dari tempat ke tempat. Standar itu tidak pernah berhenti.

Berdasarkan cerita para veteran yang hidup pada jaman 1900an, sepasang kekasih yang berjalan kaki sambil bergandengan tangan, ataupun bersepeda sambil membonceng kekasihnya di jalan dengan posisi sang kekasih memeluk dari belakang, akan mendapat sorotan masyarakat sekitar dan menjadi bahan pembicaraan sehingga bisa dianggap tidak baik pada jaman itu. Namun pada jaman sekarang, hal seperti itu sudah dianggap biasa. Sesuatu yang tidak baik di jaman dulu, belum tentu tidak baik di jaman sekarang. Relativitas kebaikan bergantung pada waktu.

Di negeri timur, berciuman dengan pasangan di depan umum mungkin dianggap tidak baik. Namun di negeri barat, hal seperti itu dianggap biasa. Hal yang tidak baik di suatu tempat, belum tentu tidak baik di tempat lain. Relativitas kebaikan bergantung pada tempat.

Demikian pula dengan kebenaran. Pada jaman dulu, bahwa Pluto adalah planet dalam tata surya, adalah suatu kebenaran. Sejak Pluto keluar dari peredaran orbit tata surya, kebenaran itu sudah berubah. Musim hujan dan kemarau di Indonesia pada jaman dulu, berbeda pada jaman sekarang. Hukum kimia ataupun fisika yang benar di jaman dulu, belum tentu benar di jaman sekarang. Relativitas kebenaran bergantung pada waktu.

Bahwa sinar matahari adalah panas, adalah kebenaran yang berlaku pada negara di kawasan tengah bumi. Kebenaran itu tidak berlaku pada kawasan kutub bumi. Hukum gravitasi Newton bahwa semua benda akan ditarik pada satu titik yang sama adalah benar pada sebagian besar daerah di bumi, namun kebenaran itu belum tentu berlaku pada beberapa kawasan misteri seperti Santa Cruz di California ataupun Warsawa di Polandia. Hukum fisika yang benar di suatu tempat, belum tentu benar di tempat lain. Relativitas kebenaran bergantung pada tempat.

BERITA BINUS : Puluhan Entrepreneur Muda BINUS University Berhasil Ciptakan Start-up Baru yang Siap Meluncur ke Pasaran

Leave a Reply